5 Potensi Ancaman Starlink Elon Musk Pancarkan Internet di RI


JakartaTautan bintang Dimiliki Elon Musk Beberapa hari terakhir ini menjadi perhatian karena masuk wilayah Indonesia.

Konstelasi satelit Internet sudah ada, namun kehadirannya dalam bentuk kerja sama. Bisnis ke bisnis (B2B), yaitu mewujudkan Telkomsat Starlink Mundur Anak perusahaan Telkom.

Starlink kembali menjadi perbincangan kali ini. Menteri Koordinator Kelautan dan InvestasiMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman) Luhut Binsar Pandjaitan mengundang Luar AngkasaX Membangun jaringan internet murah melalui Starlink di wilayah Indonesia bagian timur.

Dalam jangka pendek, Starlink menjadi solusi penyediaan layanan Internet, terutama di wilayah yang sulit dijangkau infrastruktur telekomunikasi daratan. Starlink juga dapat menyediakan layanan internet yang andal. Namun di sisi lain, banyak permasalahan yang bisa terjadi akibat satelit.

1. Pengamatan astronomi

Berkaca pada permasalahan di luar negeri, keberadaan Starlink telah membawa permasalahan bagi astronomi. Gelapnya malam merupakan waktu yang ideal untuk memandang ke langit, namun hal ini terganggu dengan kehadiran ribuan burung jalak yang memancarkan cahaya di langit.

Persatuan Astronomi Internasional (IAU) mengoordinasikan pengamatan dari seluruh dunia, dan hasilnya menunjukkan bahwa satelit tersebut seterang bintang seperti Antares dan Spica.

Perlu diingat, Antares dan Spica masing-masing merupakan bintang paling terang ke-15 dan ke-16 di langit malam. Studi lain menemukan bahwa kehadiran satelit membuat Antares dan Spica kurang reflektif. Posisinya kini setara dengan bintang paling terang ke-22 atau lebih tinggi.

2. Bisa berbahaya bagi pesawat terbang

Starlink merupakan satelit Low Earth Orbit (LEO) yang mengorbit Bumi pada jarak 550 km dari daratan. Dari segi teknis, untuk layanan internet tentunya delay yang sangat cepat dari satelit membawa dampak yang baik.

Namun karena letaknya yang tidak jauh dari Bumi, sistem satelit ini mungkin menjadi ancaman bagi pesawat masa depan. Hal tersebut diungkapkan Andy Lawrence, Profesor Astronomi di Universitas Edinburgh.

Jika Starlink jatuh ke Bumi dari luar angkasa, tidak akan banyak puing yang tersisa. Sebagian besar akan terbakar di atmosfer, namun ada pula yang akan melintas dan bahkan sebagian kecilnya diperkirakan mampu menjatuhkan pesawat.

Pada Oktober 2022, Elon Musk ingin meluncurkan 40.000 satelit Starlink ke luar angkasa. Saat ini terdapat lebih dari 3.000 satelit yang mengorbit Bumi, dan SpaceX memiliki izin untuk meluncurkan 9.000 satelit lainnya. Pada tahun 2019, Starlink telah meminta untuk meluncurkan 30.000 satelit lagi.

3. Monopoli

Banyaknya ribuan Starlink yang terbang di orbit rendah Bumi menimbulkan kecurigaan bahwa SpaceX berusaha memonopoli ruang angkasa, meski Elon Musk membantah tuduhan tersebut.

Badan Antariksa Eropa (ESA) melihat Musk sebagai ‘pembuat peraturan’ untuk industri luar angkasa komersial yang sedang berkembang. Sedangkan jumlah pesaingnya sangat sedikit.

4. Bisnis operator lokal

Starlink, penyedia internet di Indonesia bagian timur, mengancam operator seluler yang berbisnis di industri telekomunikasi tanah air.

Operator seluler mengimbau pemerintah bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Cominfo) dalam mengatasi masalah ini dan tidak membuka pintu seluas-luasnya kepada perusahaan asing yang bermodal sangat besar.

5. Keamanan nasional

Starlink di ketinggian dikatakan dapat menimbulkan ancaman bagi keamanan nasional. Selain itu, konstelasi satelit Internet sering kali melayang di sekitar orbit Bumi.

Sebuah penelitian militer Tiongkok mengatakan jaringan komunikasi SpaceX Starlink dapat menimbulkan ancaman terhadap keamanan nasional Tiongkok dan mendesak pengembangan kemampuan untuk menonaktifkan atau mematikannya.

Peneliti militer Tiongkok khawatir bahwa satelit-satelit ini dapat memberikan layanan komunikasi kepada musuh, atau bahwa stasiun ruang angkasa atau satelit Tiongkok dapat jatuh dan bertindak sebagai ‘bunuh diri’ untuk menonaktifkan infrastruktur luar angkasa Tiongkok jika terjadi perang.

Source link:

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

POST ADS1

POST ADS 2